top of page

Punya Rumah Tidak Harus Mahal



Memiliki rumah memang membutuhkan biaya; tetapi jika dihadapi dengan cerdik, biaya bisa diminimalisir. Bagaimana caranya?


Pertama-tama, pikirkan fungsi rumah yang diinginkan. Fungsi utama rumah adalah tempat perlindungan dari cuaca serta menjadi tempat tinggal. Dalam memenuhi fungsi utamanya, rumah cukup dilengkapi dengan tempat tidur, tempat makan, kamar mandi, dan tempat memasak, yang bisa dipenuhi di tanah sempit sekalipun.

Jika bujet memungkinkan, maka rumah bisa dilengkapi lagi dengan fungsi tambahan lainnya seperti area belajar dan bermain anak, ruang keluarga, hingga taman untuk kegiatan luar ruangan seperti piknik, BBQ, berenang, hingga berkebun.


Cara Hemat Memiliki Rumah

Salah satu cara pemerintah Indonesia untuk pengadaan rumah terjangkau adalah dengan memakai sistem modular Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN). Rumah RUSPIN menggabungkan panel-panel beton precast yang dipasang dan dibautkan di tempat. Pembangunan satu rumah hanya memerlukan waktu 8 hari. Rumah-rumah cluster juga banyak yang sudah memakai teknik serupa. Teknologi prefabrikasi dan beton pracetak ini memungkinkan biaya pembangunan rumah menjadi lebih terjangkau. Kini, semakin banyak kalangan yang bisa membeli rumah siap pakai dari pengembang.


Di lain sisi, ada pula yang ingin membentuk rumahnya secara mandiri karena dapat lebih bebas mengekspresikan keinginannya. Agar rumah mandiri ini sedap dipandang, nyaman ditinggali, tetapi tetap ramah di kantong, jangan lewatkan ide-ide berikut.


Desain Minimalis

Desain sederhana yang irit biaya tetapi tetap indah dipandang adalah gaya minimalis yang mengoptimalkan area bebas. Untuk semakin irit biaya, hindari bentuk non-linear seperti kurva dan lingkaran yang membuang banyak bahan bangunan sehingga akan menjadi lebih mahal. Pada gambar di bawah, rumah sempit ini terlihat cantik karena tembok beton dan kerangka jendela besinya dicat putih merata, yang berpadu apik dengan guratan warna kayu wood plank yang digunakan dengan pandai.


Desain Industrial

Desain interior industrial untuk rumah mini. Ramah budget.

Desain industrial bisa menjadi pilihan untuk bujet yang terbatas. Gaya yang banyak bergantung pada pemakaian beton, besi dan wood plank ini mengedepankan keterbukaan ruang. Ruang-ruangnya dipisahkan dengan perabot, karpet, dan/atau pencahayaan. Misalnya, meja TV bisa menjadi pemisah antara ruang tidur dan ruang makan; rak buku vertikal bisa menjadi pemisah antara ruang kerja dan ruang tidur; atau jendela paling besar diarahkan ke ruang untuk berkumpul (ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan) yang membutuhkan cahaya paling terang dan menjadi pusat ruangan.


Karena tidak membutuhkan pemisahan ruangan, maka desain industrial termasuk salah satu gaya yang paling irit biaya.


Dekor Kreatif dari Sisa Bahan Bangunan

Agar bahan-bahan bangunan yang sudah Anda beli tidak terbuang percuma, pakailah menjadi dekorasi. Dengan inspirasi dan kreativitas Anda, maka rumah Anda pun tidak hanya irit biaya tetapi juga menjaga lingkungan.


Sisa semen dapat digunakan untuk membuat pot bunga, lukisan relief 3D, ataupun patung dekorasi, sedangkan sisa-sisa besi bisa dipakai untuk ornament pagar ataupun membuat nomor rumah. Anda juga bisa membuat senirupa dari berbagai sisa material, seperti di bawah ini.


Rumah tidak harus mahal, tetapi tetap harus direncanakan. Jika Anda ingin membangun rumah sendiri dari nol, Tunas dapat membantu Anda memberikan pilihan berbagai merek dan tipe semen, beton, dan besi yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. Hubungi kami sekarang:



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

bottom of page