top of page

Peran Semen dalam Arsitektur Modern

Peran semen dalam arsitektur modern

Beton adalah salah satu bahan bangunan yang paling umum, fleksibel, dan dinamis dalam sejarah arsitektur. Dengan menawarkan teknik bangunan yang sangat berbeda kepada para arsitek dan insinyur, beton secara signifikan mengubah cara bangunan dirancang dan dibangun di zaman modern. Untuk mengapresiasi beton dan perannya dalam arsitektur modern, kita perlu menjajaki kegunaan penting beton dalam konstruksi modern.


Beton, khususnya beton bertulang, memungkinkan para arsitek mengeksplorasi bidang baru dalam desain dan konstruksi. Beton bertulang yang disokong oleh ketersediaan semen, baja, dan besi beton sangat berkontribusi pada terciptanya gedung pencakar langit, jembatan panjang, dan megakonstruksi lainnya.


Sejarah Singkat Semen Beton


Beton telah menjadi bahan pilihan bagi para arsitek dan kontraktor selama ribuan tahun. Biayanya yang rendah, keserbagunaannya, pengaplikasiannya yang cepat, dan semakin banyak yang piawai dalam penggunaannya mendorong pemakaian sekitar 22 miliar ton beton setiap tahunnya di seluruh dunia. Menurut BBC, produksi semen meningkat 30 kali lipat sejak 1950, dan empat kali lipat sejak 1990, terutama didorong oleh pembangunan pascaperang Eropa dan booming pembangunan di Asia pada abad 20.


Sebelum munculnya beton bertulang –beton yang mengelilingi kerangka penguat bagian dalam ddari besi beton– struktur bangunan dibatasi oleh beban yang dapat ditahan oleh material tersebut sehingga bangunan tidak dapat dirancang terlalu tinggi ataupun membentuk arsitektur yang unik. Beberapa arsitek, seperti Le Corbusier dan Frank Lloyd Wright mengeksplorasi beton lebih jauh dan meningkatkan fungsinya.


Le Corbusier membangun Unité d'Habitation yang menggunakan béton brut (beton cor kasar) sebagai bahan utamanya karena biayanya yang sangat terjangkau pascaperang. Frank Lloyd Wright sendiri adalah pionir kantilever yang diterapkan pada bangunan terkenalnya “Fallingwater” yang dimungkinkan dengan adanya metode beton bertulang. Kantilever adalah penerapan beton bertulang dimana pelat atau balok digantung keluar dari satu sisi tanpa kolom dan hanya diimbangi oleh beban dari struktur di belakangnya.


Manipulasi Beton


Pada dasarnya, beton tidak memiliki bentuk tertentu dan karenanya bisa dimanipulasi menjadi berbagai bentuk lainnya, termasuk mengimitasi bentuk alami seperti kayu, bata, bahkan marmer.

Beton bisa dimanipulasi ke dalam berbagai bentuk alamiah.

Pada desain taman di atas, penggunaan beton sangat dominan. Tidak hanya digunakan sebagai kotak-kotak pijakan pada areal rumput, bench atau dudukan panjang yang menempel pada dinding juga menggunakan wood plank yang terbuat dari beton.


Kelebihan woodplank jenis ini dibandingkan kayu biasa adalah ketahanan cuacanya sehingga tidak mudah lapuk dan tahan lama. Wood plank juga tampak digunakan pada bagian yang membatasi seputar rumput. Karena wood plank beton dibuat di pabrikan, maka pemasangannya pun lebih mudah karena bentuknya yang seragam.


Beton bahkan juga digunakan sebagai planter atau tempat menaruh tanaman di pinggir dinding, serta terlihat pada dinding abu-abu yang kemudian dimanipulasi sehingga tampak seperti batu alami. Yang paling menarik adalah sisi marmer gelap di kiri foto yang juga bisa dibuat dengan menggunakan semen. Metodenya beraneka ragam, misalnya lewat pewarnaan/penodaan, pengkilapan, ataupun memakai resin epoxi.


Tidak dapat disangkal bahwa beton merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat penting di abad ke-20. Jika kita melihat rancang desain arsitektur futuristik di film-film, maka akan tampak betapa semen dan beton menjadi tulang punggung arsitektur tersebut.


Indonesia sendiri diramaikan dengan berbagai merek semen dan beton siap pakai. Jika Anda ingin bahan bangunan berkualitas SNI dengan harga terjangkau, Tunas siap melayani Anda. Hubungi kami sekarang juga:




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

bottom of page